Bupati Soppeng Resmikan Program Pamsimas III TA 2021 KKM Tottong

  • Bagikan

Trent.id, Soppeng(Sulsel) – Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Tottong melaksanakan kegiatan Serah Terima Kegiatan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS ) III Tahun Anggaran 2021 KKM Tottong, Desa Tottong, Kecamatan Donri-Donri, di Turun Lappae, Desa Tottong Kecamatan Donri-Donri, Kabupaten Soppeng, Rabu,13/10/2021.

Dalam acara tersebut dilakukan peresmian yang ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak, SE.

Sebelum diresmikan, terlebih dulu di lakukan penyerahan program PAMSIMAS dari Koordinator KKM Tottong Nursyam Syukri kepada Bupati Soppeng, selanjutnya Bupati menyerahkan kepada pengurus Kelompok Pengelola Sarana Prasarana Air Minum Sanitasi (KP-SPAMS).

Koordinator KKM Tottong Nursyam Syukri dalam laporannya mengatakan :
Dana bersumber dari Dana BLM APBD, Dana BLM APBD Non Sharing, Dana APBDes, Dana APBDes Non Sharing, Dana Incash Masyarakat, Dana Inkind gotong royong Masyarakat dengan total anggaran RP.377.051.000.

Adapun rincian kegiatan :
1. Pengeboran dengan kedalaman 72 meter;
2. Pekerjaan menara air kepasitas 15,63 m³ 1 unit;
3. Pekerjaan kram umum 1 unit;
4. Pekerjaan SCT di Kantor Desa 1 unit;
5. Rehab WC SD Lapadumpu 1 unit;
6. Pengadaan pompa 1 paket;
7. Pengadaan pipa dan aksesoris kurang lebih 1.400 meter;
8. Pengadaan geolistrik;
9. Pengadaan alat pertukangan;
10.kegiatan kesehatan di SD dan masyarakat;
11. Kegiatan pelatihan;
12. Operasional pengurus.

Di kesempatan berikutnya, Kades Tottong Muhammad Tahir menyampaikan “selamat datang dan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada Bupati Soppeng bersama rombongan atas kesediaannya untuk hadir bersama kita di acara ini”.

Acara ini terlaksana atas dukungan dan bimbingan dari semua pihak termasuk teman-teman pendamping Pamsimas, saya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada warga Desa Tottong yang telah memberikan dukungan dalam pekerjaan Pamsimas ini.

Beberapa bulan kita bekerja keras untuk melaksanakan kegiatan Pamsimas ini, oleh karena itu suka dan duka bekerja siang malam untuk menyelesaikan program ini. Walaupun sebenarnya di desa Tottong diawal kegiatan kami agak kewalahan dengan Pamsimas itu apa, tapi Alhamdulillah kita bekerja keras memberikan pengertian, memberikan edukasi kepada masyarakat dan Insya Allah tetap kami akan bekerja untuk kemajuan dari pamsimas ini.

Tenaga Ahli Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (TA- STBM) Pamsimas Propinsi Sulawesi Selatan Sarinah, SKM dalam penyampaian nya mengatakan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Desa Tottong atas terlaksananya kegiatan ini.

pelaksanaan program pamsimas di Desa Tottong berjalan dengan baik, semua bersinergi dengan baik.

Harapan kita kedepan, ini bukan akhir tapi ini adalah awal keberlanjutan dari Pamsimas ini, sarana harus dijaga dan dipelihara dengan baik supaya air bersih bisa dinikmati masyarakat sampai anak cucu.

Di kesempatan berikutnya, Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak, SE menyampaikan “pelaksanaan program Pamsimas ini telah selesai, yang mana pada dasarnya bagaimana program ini bisa ada rasa memiliki oleh masyarakat, tentu yang tidak kalah pentingnya adalah ini merupakan aset masyarakat desa dimana ada program ini”, jelas Bupati Soppeng.

Lanjut di katakan, program Pamsimas ini intinya mengajarkan nilai-nilai gotong royong dan kebersamaan berbagi masyarakat dimana program itu ada.

Yang tidak kalah pentingnya juga adalah bagaimana memberikan konsumsi air bersih kepada masyarakat yang betul-betul terjaga dan terkontrol.

Pemerintah lakukan apa yang menjadi kepentingan masyarakat, untuk itu program Pamsimas ini agar di jaga dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Acara turut dihadiri Ketua DPRD Soppeng H. Syahruddin M Adam, S.Sos,MM, Hj. Insanah anggota komisi III DPRD Soppeng, Camat Donri-Donri, Kapolsek Donri-Donri, Danramil, Para Kades se Kecamatan Donri-Donri, Distric Cordinatoor Program Pamsimas Kabupaten Soppeng, para tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Publish : OVA-IWO

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *