Sekaligus Lestarikan Budaya, Personel Kodim 1407/Bone Kenakan “Songkok Recca” Peringati HJB

oleh -

BONE – Selasa (06/04/2021), Dalam rangka meriahkan Hari Jadi Bone (HJB) yang Ke-691 merupakan momen yang sangat istimewa bagi masyarakat Bone, tidak terkecuali bagi Personel Kodim 1407/Bone yang turut andil dalam merayakan peristiwa bersejarah lahirnya Bumi Arung Palakka tersebut, yang sesuai regulasi Perda jatuh pada tanggal 06 April 2021.

Salah satu bentuk partisipasi Personel Kodim 1407/Bone dalam merayakan HJB kali ini yakni dengan mengenakan “Songkok Recca” selama 2 hari 06-07 April 2021 didalam beraktivitas, sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan dalam melestarikan adat istiadat budaya lokal Indonesia.

Dandim 1407/Bone Letkol Kav. Budiman S.H menjelaskan, penggunaan “Songkok Recca” ini sebagai bentuk dukungan kita atas hari lahirnya Kab. Bone, kegiatan ini juga sebagai pengenalan, pembinaan, dan pengembangan nilai kebudayaan kearifan lokal.

“Penggunaan Songkok Recca Personel Kodim 1407/Bone ini juga sebagai upaya melestarikan dan menggeliatkan serta memajukan Usaha Kecil Menengah (UKM) di desa setempat’, beber Dandim.

Dengan mengenakan Songkok Recca ini, menurut Dandim memiliki filosofi yang memegang teguh jati diri yang sarat dengan nilai etika, moral dan spiritual, kata Dandim.

Songkok Recca itu sendiri merupakan kopiah warisan budaya masyarakat Bone yang muncul pada tahun 1683, yang terbuat dari serat pelepah daun lontar dengan cara dipukul-pukul hingga tersisa seratnya. Setelah menjadi serat, kemudian di rendam ke dalam lumpur selama beberapa hari untuk mengubah warna dari serat tersebut. Setelah itu, serat yang sudah berubah warna, dianyam sedimikian rupa menggunakan acuan “Assareng” yang terbuat dari kayu nangka, lalu dibentuk sehingga menjadi songkok. (slm)

Editor : A2W

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *