Sekda Kab. Soppeng Ikuti Penganugerahan Swasti Saba Tahun 2021 Secara Visual

  • Bagikan

Trent.id, Soppeng(Sulsel) – Bupati Soppeng yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Soppeng mengikuti Penganugerahan Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) atau Swasti Saba Tahun 2021 secara virtual, di ruang Lamataesso Kantor Bupati Soppeng, Rabu, 17 November 2021.

Pemberian penghargaan Kabupaten/Kota Sehat tahun 2021 di Ballroom Hotel Js Luwanda Jakarta yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada masyarakat melalui Pemerintah Daerah yang telah berupaya mewujudkan Kabupaten/Kota Sehat sesuai peraturan bersama Menteri Dalam negeri dan menteri kesehatan tahun 2005 dan surat Menteri Dalam Negeri bulan Februari 2021.

Menurut Plt. Dirjen Kesehatan Masyarakat, Kartika Rustandi, Kabupaten/Kota Sehat merupakan bukti keberhasilan dan komitmen pemerintah daerah dalam membangun Kabupaten/Kota yang berwawasan kesehatan dan lingkungan yang sehat. Kabupaten/Kota sehat merupakan bentuk dukungan pemerintah daerah terhadap pelaksanaan gerakan masyarakat hidup sehat sehingga masyarakat dapat meningkatkan derajat kesehatannya. Terimakasih atas peran serta dan partisipasi dalam penyelenggara kegiatan ini.

Setelah melewati beberapa tahap penilaian dan verifikasi yang dilakukan oleh penyelenggara, Kabupaten Soppeng ditetapkan sebagai penerima penghargaan Swasti Saba Kategori Wistara Tahun 2021 bersama 24 Kabupaten/Kota lainnya yakni Kota Padang Panjang, Kabupaten Sukabumi, Kota Semarang, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, Kota Blitar, Kota Tomohon, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Bantaeng.

Selanjutnya, Kabupaten Barru, Kabupaten Wajo, Kabupaten Luwu, Kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar, Kabupaten Sinjai, Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Enrekang, Kabupaten Luwu Timur, Kota Parepare, kabupaten Baubau, dan Kota Palopo.

Sedangkan untuk kategori Swasti Saba Wiwerda diberikan kepada 4 Kabupaten/Kota yakni Kabupaten Tebo, Kota Pangkal Pinang, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Nganjuk, serta 7 Kabupaten/Kota menerima Anugerah Swasti Saba Padapa yaitu Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Bandung, Kabupaten Majalengka, Kota Sukabumi, Kabupaten Tegal, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Banjar.

Sekretaris Daerah, Drs. A. Tenri Sessu, M.Si menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh komponen yang terlibat atas dukungan dan kerjasama yang sangat baik selama ini dalam rangka upaya mewujudkan partisipasi masyarakat sebagai bagian integratif dengan kegiatan pembangunan di Kabupaten Soppeng.

Penyelenggaraan Program Kabupaten/Kota Sehat ini memiliki nilai yang sangat penting, Seperti kita ketahui bahwa tujuan program ini adalah tercapainya kondisi Kabupaten/Kota untuk hidup dengan bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain, sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakat. Hal ini sangatlah penting, mengingat saat sekarang ini, kita dihadapkan dengan masalah Pandemi Covid-19 yang menuntut kita untuk tetap menjaga pola hidup dan perilaku yang sehat.

Kabupaten Soppeng sejak tahun 2009 telah ikut serta dalam penyelenggaraan verifikasi Kabupaten/Kota Sehat. Dan Pada tahun ini, Kabupaten Soppeng menyelenggarakan 6 (enam) tatanan yang dikembangkan sesuai dengan potensi dan dinamisasi kehidupan masyarakat Kab. Soppeng, tatanan yang dimaksud adalah :

1. Tatanan Sarana dan Prasarana Umum Sehat
2. Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat dan Mandiri
3. Tatanan Industri dan Perkantoran Sehat
4. Tatanan Ketahanan Pangan dan Gizi
5. Tatanan Pariwisata Sehat
6. Tatanan Sosial Sehat.

Selain keenam tatanan tersebut, Program Kabupaten/Kota Sehat pada tahun ini juga ditambah dengan Kegiatan Pengendalian Covid-19.

Pada Tahun 2009, Kabupaten Soppeng telah meraih penghargaan Swasti Saba Padapa, Swasti Saba Wiwerda tahun 2011 dan 2013 dan Swasti Saba Wistara sejak tahun 2015. Semua ini berkat kerja sama yang baik antara semua elemen pemerintah beserta masyarakat di Kabupaten Soppeng.

Tentunya besar harapan kami jika semua ini dapat kita pertahankan bersama dan semua kekurangan-kekurangan yang ada dapat kita benahi dan tingkatkan sehingga pada akhirnya Kabupaten/Kota sehat bukan hanya menjadi slogan semata tetapi bisa terwujud dalam kondisi yang sebenarnya di kabupaten kita.

Publish : OVA-IWO

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *