TP-PKK Soppeng Gelar Peringatan Hari Ibu dan HUT DWP

  • Bagikan
Tim Penggerak PKK Kab. Soppeng melaksanakan kegiatan Peringatan Hari Ibu ke 93.

Soppeng – Tim Penggerak PKK Kab. Soppeng melaksanakan kegiatan Peringatan Hari Ibu ke 93, kegiatan ini sekaligus dirangkaikan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49 dan HUT Dharma Wanita Persatuan ke-22 Tahun 2021.

Kegiatan mengambil Tema “Perempuan Berdaya Indonesia Maju” dilaksanakan di Gedung Pertemuan Masyarakat Kab. Soppeng, Rabu, 22 Desember 2021

“Acara diawali dengan pemutaran Video rangkaian acara kegiatan Hari Ibu ke-93, Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49, Hari Ulang Tahun Dharma Wanita Persatuan ke-22 Tahun 2021 dan Program Kegiatan TP. PKK Kab. Soppeng dan kegiatan Dharma Wanita Persatuan Kab. Soppeng tahun 2021”.

Wakil Ketua TP. PKK Kab. Soppeng, Hj. Nuni Ujiani Lutfi selaku ketua panitia pelaksana dalam laporannya menjelaskan dasar pelaksanaan Hari Ibu tahun 2021, dimaknai dengan perjuangan perempuan yang diawali dari Kongres perempuan pertama pada tahun 1928, peringatan Hari Ibu ini menjadi tombak gerakan perempuan Indonesia untuk berkontribusi aktif dalam memajukan bangsa serta mewujudkan pembangunan kesetaraan gender.

“Acara dilanjutkan pembacaan Teks Pancasila oleh Ketua Ikatan Keluarga Anggota DPRD Andi Dewi Sakti, S.Sos, pembacaan Teks UUD 1945 oleh Ketua Adhyaksai Dharmakarini Kab. Soppeng Rahmiati Ridwan, pembacaan sejarah singkat Hari Ibu oleh Ketua umum Persit Kartika Chandra Kirana Erna M Richard Butarbutar, Pembacaan sejarah singkat hari Kesatuan Gerak PKK oleh Sekretaris Umum TP. PKK Kab. Soppeng Hj. Andi Astati, S.Pd, M.Pd.”.

Ketua TP. PKK Kab. Soppeng, Hj. Nurjannah Andi Kaswadi Razak, SE menyampaikan Sambutan Ketua Umum TP. PKK Pusat Tri Tito Karnavian. Hari Kesatuan gerak PKK merupakan salah satu momentum yang sangat memiliki arti penting dasar teknis dalam implementasi 10 program pokok PKK.

Peringatannya memberikan penegasan bahwa gerakan PKK dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat serta dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa dalam satu kesatuan tujuan yaitu masyarakat yang berdaya dan sejahtera.

pelaksanaan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ini memasuki tahun ke 49 dengan tema “keluarga pelopor perubahan menuju Indonesia maju”. Pelopor perubahan memberi makna bahwa PKK dalam hal ini Tim Penggerak PKK dan kader di seluruh pelosok nusantara hendaknya tahu, mau dan mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas dalam aspek moral pendidikan kesehatan sosial budaya ekonomi dan lingkungan hidup.

Sambutan seragam Dharma Wanita Persatuan yang dibacakan oleh wakil Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Soppeng,  Andi Novitasari Andi Agus, SE, hari ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember merupakan bentuk pengakuan serta penghargaan atas perjuangan perempuan Indonesia dari masa ke masa. Peringatan Hari Ibu di Kab. Soppeng dilakukan untuk mendorong perempuan Indonesia menjadi perempuan yang berdaya dan setara kedudukannya, serta para perempuan di Kab. Soppeng termasuk ibu-ibu dan wanita hendaknya selalu berjuang untuk mendapatkan haknya dengan utuh serta bergerak menjadi manusia dan makhluk sosial yang memiliki hak-hak sosialnya tampak melupakan peran sebagai seorang ibu dan istri dalam keluarga.

Sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, dalam rangka peringatan Hari Ibu ke 93 yang dibacakan oleh Bupati Soppeng, H. Andi Kaswadi Razak, SE, peringatan Hari Ibu yang kita rayakan setiap tahunnya merupakan bentuk penghargaan kepada perjuangan perempuan Indonesia di masa-masa Kongres perempuan pertama di tahun 1928 yang menjadi tombak perjuangan perempuan Indonesia dalam mengambil peran di setiap arah pembangunan di Indonesia, perempuan mengisi ruang-ruang kontribusi dalam merebut kemerdekaan, menyuarakan berbagai permasalahan dan turut serta menjadi solusi untuk mengantar Indonesia di titik sekarang ini.

Dalam keadaan yang serba sulit saat ini, ternyata tidak menghentikan langkah perempuan Indonesia untuk hadir di Garda terdepa. Perempuan turun dan menjadi penggerak sosial dengan membangun kesadaran masyarakat di berbagai daerah dan turut serta menyediakan makanan bagi warga yang terdampak Covid-19 dan alat pelindung diri untuk tenaga kesehatan. Perempuan juga mengambil peran penting dalam memerangi Covid- 19 dengan menjadi tenaga kesehatan.

Melalui peringatan Hari Ibu yang ke ke-93 tahun 2021 ini saya berharap perempuan-perempuan Indonesia sadar betapa berharganya diri mereka, utamanya karena tidak pernah berhenti merawat perjuangan para perempuan Indonesia di masa lalu dalam gerakan sekecil apapun yang berarti melebihi apapun. Mari kita warnai peringatan Hari Ibu dengan peran kerja dan karya nyata dari anda semua untuk Indonesia tercinta “perempuan berdaya Indonesia maju”.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua TP. PKK Kab. Soppeng, Ketua Ikatan Keluarga Anggota DPRD, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Ketua bhayangkari soppeng, Ketua Adhyaksa Dharmakarini, Ketua Dharma Yukti Karini Kab. Soppeng.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan pemberian hand buket dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Soppeng kepada Ketua IKA DPRD Kab. Soppeng, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Ketua bhayangkari, Ketua Dharma Yukti Karini dan Ketua Adhyaksa Dharmakarini. (A2M)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *