Wabup Soppeng Ikuti Acara Grand Launching Buku Pendapat (Strategic Foresight) BPK Secara Virtual

  • Bagikan

Trent.id, Soppeng(Sulsel) – Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia menggelar kegiatan Grand Launching Buku Pendapat (Strategic Foresight) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Wakil Bupati Soppeng, Ir. H. Lutfi Halide, MP turut didampingi Kepala Inspektorat, Andi Mahmud mengikuti acara tersebut melalui virtual zoom, di Ruang SCC Lamataesso, Kantor Bupati Soppeng, Kamis (21/10/2021).

Ketua BPK RI Dr. Agung Firman Sampurna, CSFA,CFrA,CGCAE,QGIA secara resmi melaunching Buku Pendapat (Strategic Forensight) BPK dengan judul “Membangun Kembali Indonesia dari Covid-19, Skenario, Peluang dan Tantangan Pemerintah yang Tangguh” ditandai dengan penekanan tombol secara virtual.

Ketua BPK RI Dr. Agung Firman Sampurna, CSFA,CFrA,CGCAE,QGIA dalam arahannya mengatakan, “Foresight BPK dilakukan dalam menghadapi ketidakpastian dengan cara menyusun kajian perspektif jangka panjang mengenai berbagai kondisi, peluang, tantangan dan risiko yang mungkin terjadi pada masa dan pasca pandemi”, jelasnya.

Lanjut dikatakan, “Foresight BPK disusun dengan metode scenario planning, menggunakan data hasil pemeriksaan BPK dan data tren, bekerjasama dengan para ahli serta melibatkan Pimpinan dan kepala daerah”, lanjutnya.

Ada 4 kemungkinan skenario tahun 2021-2026 yaitu berlayar menaklukkan Samudra (merupakan skenario terbaik, di mana respons pemerintah terhadap krisis menjadi lebih efektif dan tingkat keparahan pandemi mereda), Mengarung ditengah badai (masyarakat beradaptasi dengan kehidupan sosial baru), tercerai-berai Terhempas lautan (merupakan skenario terburuk dengan respons Pemerintah Kurang efektif), serta Kandas telantar surutnya Pantai (ditandai dengan meredanya pandemi namun respons pemerintah terhadap krisis kurang efektif).

Dari 4 skenario tersebut terdapat 5 tema yang perlu mendapat perhatian pemerintah karena ini akan turut membantu keberhasilan pemerintah dalam mengatasi pandemi dan krisis Global di kemudian hari, yaitu reformasi kesehatan, reformasi pajak dan keseimbangan fiskal, Visi dan kepemimpinan pemerintah, transformasi digital, tata kelola data dan kualitas sumber daya manusia.

Harapan atas foresight yaitu skenario yang disajikan dalam foresight BPK ini bukanlah prediksi tentang masa depan tetapi sarana untuk melihat kembali berbagai asumsi tentang masa depan, masyarakat dan para pengambil keputusan dapat memantau indikator atau signpost yang berguna untuk mengidentifikasi skenario yang sedang terjadi melalui website strategic foresight BPK, serta menginspirasi pemerintah pusat dan daerah untuk mulai menerapkan strategic foresight.

Publish : OVA-IWO

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *